Menuju Sekolah Model, SMK Persiapan Melaksanakan Pelatihan SPMI

Menuju Sekolah Model, SMK Persiapan Melaksanakan Pelatihan SPMI

PEMATANGSIANTAR - SMK Persiapan Pematangsiantar ditunjuk sebagai sekolah model untuk pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal (SPMI). Karena itu, sekolah yang bertempat di Jl. Pane No. 66 ini, akan menjadi acuan bagi tiga sekolah lainnya di lingkungan sekitarnya. Antara lain, SMK Pelita, SMK Harapan dan SMK Surya Murni 2.

“Sekolah model merupakan sekolah yang menjadi acuan bagi sekolah-sekolah lain di sekitarnya, terutama dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri,” ujar Kepala Sekolah Edwin T.H.

Simanjuntak, S.E.,M.Pd, saat membuka acara Sosialisasi Sekolah Model SPMI di Aula SMK Persiapan, Rabu (10/10). Sosialisasi dihadiri Tim Penjaminan Mutu Pendidikan dan Guru-guru SMK Persiapan dengan Kepala Sekolah sebagai pembicara atau narasumber.

Menurut Kepala Sekolah, dengan program sekolah model ini, tentunya SMK Persapan bisa menjadi rujukan bagi sekolah lainnya untuk meningkatkan mutu pendidikan internal.

Sebab, SMK Persiapan memiliki brand tersendiri dalam dunia pendidikan. Sekolah model ini, akan dibina oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dengan dibantu fasilitator daerah. Pembinaan itu, berupa pelatihan, pendampingan, supervisi serta monitoring dan evaluasi. Tujuan sekolah model ini, untuk menerapkan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri, dan mampu meningkatkan mutu sesuai standar nasional pendidikan (SNP).

Selanjutnya, Kepala SMK Persiapan menjelaskan, untuk menuju sekolah model, sebelumnya dilakukan verifikasi oleh LPMP. Dalam verifikasi itu, setidaknya harus memenuhi delapan standar mutu pendidikan yang meliputi standar kompetensi lulusan (SKL), standar isi, standar proses, standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan pendidikan, standar penilaian pendidikan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan. “Kami akan imbaskan ke sekolah-sekolah lainnya,” ujarnya

Posting Komentar

0 Komentar