Asesmen BNSP Terhadap LSP SMK Persiapan

LSP SMK Persiapan Pematangsiantar

Pematangsiantar. SMK Persiapan. Bertempat di sebuah ruang lantai 2, Kantor LSP Gedung SMK Persiapan, Pematangsiantar, pada 30 September 2017 lalu berlangsung Asesmen terhadap Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Persiapan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Berdasarkan surat tugas dari BNSP bahwa Tim yang dibentuk BNSP melaksanakan Asesmen awal terhadap LSP SMK Persiapan Pematangsiantar pada 30 September 2017. 
"Asesment adalah proses penilaian terhadap kesesuaian sistem mutu dan pelayanan sertifikasi kompetensi LSP" ujar Kepala LSP SMK Persiapan Martin Parapat, S.Pd.
Beliau mengakui, hasil pengujian lisensi tersebut terdapat beberapa kelemahan minor, namun dapat dilengkapi saat itu juga sehingga secara umum hasilnya adalah tidak ditemukan kelemahan dan semua prosedur telah sesuai dengan standard.

Pelaksanaan Asesment tersebut dihadiri oleh tim LSP SMK Persiapan dimana Edwin T.H. Simanjuntak, S.E.,M.Pd. (Dewan Pengarah), Martin Parapat, S.Pd. (Ketua LSP), Efendi Manurung, S.Kom (Ketua Bid. Sertifikasi), Salamat Sitorus, B.E. (Ketua Bid. Manajemen Mutu), Patarchan Nababan (Ketua Bid. Administrasi) dan Horas M. Simanjuntak (Komite Skema).


Kepala Sekolah memnyambut Tim BNSP

Untuk Permulaan LSP SMK Persiapan mengajukan 4 skema sertifikasi yaitu untuk kompetensi Teknik Kendaraan Ringan , Teknik Sepeda Motor, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik dan Multimedia. Proses Asesment dilakukan oleh asesor lisensi BNSP dengan Lead Asesor Hasnawati dan anggota Sabar Moratua dan Ria Almira. 


Tim BNSP

Seperti diketahui, sertifikat kompetensi merupakan bukti pengakuan tertulis atas penguasaan kompetensi kerja pada jenis profesi tertentu yang diberikan oleh LSP atau BNSP. Blanko sertifikat kompetensi resmi dikeluarkan oleh BNSP dan merupakan sertifikat yang diberikan dari negara.

“LSP memiliki peran strategis dalam pengembangan anak didik, khususnya siswa SMK. Sebab dengan adanya sertifikat khusus kejuruan, akan mempermudah siswa untuk mendapatkan peluang kerja karena memiliki sertifikat khusus” ujar Kepala Sekolah, Edwin T.H. Simanjuntak ditemui di ruangannya.

Beliau berharap. seluruh siswa SMK yang ada di Kota Pematangsiantar, bisa memanfaatkan LSP  yang ada di Kota Pematangsiantar yaitu LSP SMK Persiapan.

Posting Komentar

0 Komentar